Minggu, 27 Mei 2012

WAKTU-WAKTU MUSATAJAB UNTUK BERDO'A

Allah memberikan masing-masing waktu dengan keutamaan-keutamaan berbeda-beda. Ada waktu-waktu tertentu yang sangat baik untuk berdo'a. Di antaranya : SEPERTIGA AKHIR MALAM Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya Rabb kami yang Maha Berkah lagi Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga akhir malam, lalu berfirman, "Barangsiapa yang berdo'a, maka Aku kabulkan, barangsiapa yang memohon, pasti Aku akan perkenankan dan barangsiapa yang meminta ampun, pasti Aku akan mengampuninya." (Shahih al-Bukhari, Kitab Da'awaat bab Doa Nisfullail 7/149-59)


KETIKA BERBUKA PUASA Dari Abdullah bin Amr bin Ash bahwa dia mendengar Rasulullah saw bersabda, "Sesungguhnya bagi orang yang berpuasa pada saat berbuka ada doa yang tidak ditolak." (Sunan Ibnu Majah, Bab Fis Shiyam La Turaddu Da'watuhu 1/321 No. 1775. Hakim dalam Kitab Mustadrak 1/422)


SELEPAS SHALAT FARDHU Dari Abu Umamah, sesungguhnya Rasulullah saw ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah SWT, beliau menjawab, "Di pertengahan malam yang akhir dan setiap selesai shalat fardhu." (Sunan At-Tirmidzi, Bab Jamiud Da'awaat 13/30. Dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih Sunan At-Tirmidzi 3/167-168 No. 2782)

KETIKA PERANG BERKECAMUK Dari Sahl bin Sa'ad bahwa Rasulullah saw bersabda, "Ada dua doa yang tidak tertolak  atau jarang tertolak; “ doa pada saat adzan dan doa tatkala perang berkecamuk." (Sunan Abu Daud, Kitab Jihad 3/21 No. 2540) PADA HARI

JUM'AT Dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah saw bersabda,"Sesungguhnya pada hari Jum'at ada satu saat yang tidak bertepatan seorang hamba muslim shalat dan memohon sesuatu kebaikan kepada Allah melainkan akan diberikan padanya, beliau berisyarat dengan tangannya akan sedikitnya waktu tersebut." (Shahih al-Bukhari, Kitab Da'awaat 7/166. Shahih Muslim, Kitab Jumuh 3/5-6)

KETIKA BANGUN TIDUR BAGI YANG TIDUR DALAM KEADAAN SUCI Dari 'Amr bin 'Anbasah bahwa Rasulullah saw bersabda, "Tidaklah seorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia atau akhirat melainkan Allah akan mengabulkannya." (Sunan Ibnu Majah, bab Doa 2/352 No. 3924. Dishahihkan oleh Al-Mundziri 1/371 No. 595)

DI ANTARA ADZAN DAN IQAMAH Dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah saw bersabda, "Doa tidak akan tertolak antara adzan dan iqamah." (Sunan Abu Daud, Kitab Shalat 1/144 No. 521. Sunan At-Tirmidzi, Bab Jamiud Da'awat 13/87. Sunan Al-Baihaqi, Kitab Shalat 1/410)

KETIKA SUJUD DALAM SHALAT Dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah saw bersabda, "Adapun pada waktu sujud, maka bersungguh-sungguhlah berdoa sebab saat itu sangat tepat untuk dikabulkan," (Shahih Muslim, Kitab Shalat Bab Nahi An Qiratul Qur'an fi Ruku' wa Sujud 2/48)

KETIKA KEHUJANAN Dari Sahl bin a'ad bahwasanya Rasulullah saw bersabda, "Dua doa yang tak pernah ditolak; doa pada waktu adzan dan doa pada waktu kehujanan." (Mustadrak Hakim dan dishahihkan oleh adz-Dzahabi 2/113-114)

MENJELANG AJAL TIBA Dari Ummu Salamah nahwa Rasulullah mendatangi rumah Abu Salamah (pada hari wafatnya), dan beliau mendapatkan kedua mata Abu Salamah terbuka lalu beliau memejamkannya kemudian bersabda, "Sesungguhnya tatkala ruh dicabut, maka pandangan mata akan mengikutinya". Semua keluarga histeris. Beliau bersabda, "Janganlah kalian berdoa untuk diri kalian kecuali kebaikan, sebab para malaikat mengamini apa yang kamu ucapkan." (Shahih Muslim, Kitab Janaiz 3/38)

PADA MALAM LAILATUL QADAR Allah SWT berfirman, "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar," (QS. Al- Qadr : 3-5). Imam asy-Syaukani berkata bahwa kemuliaan Lailatul Qadar mengharuskan doa setiap orang pasti dikabulkan. (Tuhfatud Dzakirin hal. 56)
PADA HARI ARAFAH Dari 'Amr bin Syu'aib dari ayahnya dari kakeknya bahwasanya Nabi saw bersabda, "Sebaik-baiknya doa adalah pada hari Arafah." (Sunan at-Tirmidzi, bab Jamiud Da'waat 13/83)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar