Minggu, 06 Februari 2011

RAMUAN OBAT BATUK TRADISIONAL

Apa ya obat tradisional untuk mengeluarkan dahak ? 


Jawab:
Kasih minum teh manis hangat saja mbak, setiap pagi bangun tidur juga saat sarapan pagi minumnya teh manis hangat, itu resep dari dokter anakku alhamdulillah dahaknya berkurang. Semoga lekas sembuh [DnP]

Kalau aku biasa membuat 'ramuan' air 1/2 gelas dididihkan dengan 30 biji cengkeh, setelah mendidih diangkat terus dimasukkan kecap manis 3 sendok makan lalu ditutup. Kalau sudah dingin diminumkan seperti obat batuk (1/2 sampai 1 sendok makan 3 kali sehari) Sampai saat ini, 'ramuan' tersebut. Sangat menolong dan katanya itu buat mengencerkan dahak juga. Siapa tahu berguna [Ttn]
Bisa dicoba kalau ada bunga belimbing wuluh (warna ungu/merah tua), dicuci bersih dengan air hangat, lalu rebus sebentar + garam sedikit saja, kemudian diminumkan ke anak, airnya juga sedikit saja ya mbak. Biasanya 2 atau 3 kali minum dahak sudah keluar. Anak diminumkan 3x sehari 1 sendok teh. Rasanya sepet dan bau agak langu mbak, Semoga berguna ya, anak saya sering saya kasih itu, atau kalau mau yang moderen, beli Mucopect syrup untuk anak mbak, anak saya ampuh keluar dahak dengan obat itu [Krtn]

Kalau waktu kecil, sama nenekku, tiap batuk-pilek aku disuruh makan gula pasir yang dipincuk sama daun sirih. Kadang ampas daun sirihnya aku buang, yang dimakan gula sama 'air' daun sirih-nya saja, Kalau diliat dari resep yang mbak Dy kasih, wuih, terbayang rasanya pasti panaaaaaaaas sekali [Dh]

Kalau resep mamaku, kunyit 1 jari, kencur 1 jari diparut halus, beri beberapa tetes air, lalu diperas jadinya kira-kira 1 sendok makan, diminum pagi sore cuma karena rasanya gak enak, getir, bisa ditambahkan madu [Dn]

Kebetulan kemarin aku simpan dari milis sebelah, aku sendiri belum pernah coba sih :
2 lembar daun sirih
1 sendok makan daun saga
1 potong kecil akar wangi
5 butir cengkeh
7 kapulaga
sedikit adas

semua bahan direbus dengan air segelas hingga tinggal setengah, ditambah madu sesendok makan, diminum hangat-hangat. Bisa diminum 3 kali sehari. Aku sendiri baru mau cari bahan-bahannya (terutama akar wangi, cari dimana ya), tapi kayaknya komposisi diatas buat orang dewasa deh, kebayang sih rasanya pasti pedas, mungkin kalau buat
anak-anak dicoba minumnya 3 x 1 sendok makan (jadi yang hasil setengah gelas itu bisa buat sehari). Kalau ibuku waktu anak-anakku masih bayi s/d batita suka buat dari daun saga + daun sirih + madu saja, tidak pakai jeruk nipis takut perutnya tidak kuat katanya, lumayan membantu juga [Dy]

Terima kasih sekali ya masukannya. Jawabannya banyak sekali dari ibu yang pinter-pinter. Aku sekarang lagi mencoba jeruk nipis, tapi kayaknya agak takut maagnya, ya. Mungkin besok akan coba pakai daun sirih. Mudah-mudahan berhasil, soalnya kasihan dikasih obat terus [Snt]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar